Profile

 I. Keadaan Geografis

            Lokasi Kecamatan Duduksampeyan terletak di bagian barat Kabupaten  Gresik yaitu + 16 km. pada jalur lalu lintas Surabaya – Jakarta serta dilalui jalur kereta api jurusan Jakarta – Surabaya. Kecamatan Duduksampeyan memiliki luas wilayah 74.290 km2 terbagi menjadi 23 desa yaitu Desa Ambeng-ambeng watangrejo, Desa Tirem, Desa Sumari, Desa Samirplapan, Desa Brak tebaloan, Desa Duduksampeyan, Desa Sumengko, Desa Gredek, Desa Petisbenem, Desa Kawistowindu, Desa Kemudi, Desa Kramat, Desa Wadak kidul, Desa Wadak lor, Desa Setrohadi, Desa Tambakrejo, Desa Tumapel, Desa Panjunan, Desa Kandangan, Desa Pandanan, Desa Glanggang, Desa Palebon, Desa Bendungan. Sebagian besar wilayah kecamatan Duduksampeyan dikelilingi oleh persawahan dan tambak. Adapun, batas wilayah Kabupaten Gresik antara lain :

 Sebelah Utara           : Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Sebelah Timur           : Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

Sebelah Selatan         : Kecamatan Benjeng dan Cerme Kabupaten Gresik

Sebelah Barat            : Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan

                                                Peta Wilayah Kecamatan Duduksampeyan

II. Keadaan Demografi

a. Pertumbuhan Penduduk

     Jumlah penduduk Kecamatan Duduksampeyan pada tahun 2020 menurut Badan Pusat Statistik hasil proyeksi penduduk propinsi Jawa Timur per Kabupaten/Kota pada tahun 2020 sebanyak  51.352 jiwa terdiri dari 25.672 jiwa laki-laki dan 25.680 jiwa perempuan.

b. Kepadatan Penduduk

    Kepadatan penduduk Kecamatan Duduksampeyan tahun 2020 adalah 683,17 jiwa per km2, desa Duduksampeyan merupakan desa terpadat dengan angka kepadatan 1.395 jiwa per km2 dan terendah kepadatannya adalah Desa Kawistowindu dengan angka kepadatan 159 jiwa per km.2

III. LOKASI

JL. Raya Duduksampeyan no 45 Gresik

IV. JENIS-JENIS PELAYANAN

A. UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) ESSENSIAL DAN PERKESMAS

  1. Pelayanan Promosi Kesehatan
  2. Pelayanan Kesehatan Lingkungan
  3. Pelayanan Kesehatan Keluarga (Kesehatan Ibu, Kesehatan Bayi, Kesehatan Anak Balita dan Anak Prasekolah)
  4. Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja
  5. Pelayanan Keluarga Berencana
  6. Pelayanan Gizi
  7. Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
  8. Pelayanan Perawatan Kesehatan Masyarakat

B. UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) PENGEMBANGAN

  1. Pelayanan Kesehatan Jiwa
  2. Pelayanan Kesehatan Lansia
  3. Pelayanan Kesehatan Gigi Masyarakat
  4. Pelayanan Kesehatan Indera
  5. Penanganan Masalah Penyalahgunaan Napza
  6. Pelayanan Kesehatan Matra
  7. Pelayanan Kesehatan Tradisional
  8. Pelayanan Kesehatan Olahraga
  9. Pelayanan Kesehatan Kerja
  10. Pelayanan Kefarmasian

C. UPAYA KESEHATAN PERSEORANGAN (UKP)

  1. RAWAT JALAN
  • Pelayanan Pendaftaran, Administasi dan Rekam Medis
  • Pemeriksaan Umum, yang melayani:
  1. Pelayanan kesehatan dasar
  2. Konseling kesehatan pada orang dewasa
  3. Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
  4. Pengobatan Gigi dan Mulut
  5. Penambalan Gigi
  6. Pencabutan Gigi
  7. Scalling Gigi
  8. Konsultasi Kesehatan Gigi dan Mulut
  9. Pelayanan KIA, KB dan Kesehatan Reproduksi, yang melayani :
  10. Pemeriksaan Kehamilan, Nifas dan Neonatus
  11. Pemeriksaan Ginekologi
  12. Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)
  13. Pelayanan Kryoterapi
  14. Pelayanan Keluarga Berencana (susuk/implant, kondom, suntik, pil, IUD)
  15. Tindik telinga bayi
  16. Pelayanan konsultasi tentang : kesehatan bayi, kesehatan calon pengantin, kesehatan reproduksi remaja, perawatan kehamilan, asuhan pasca keguguran, wanita menopause
  17. Rujukan rawat jalan ke rumah sakit
  18. Pelayanan surat cuti hamil/melahirkan
  19. Pelayanan Anak, Tumbuh Kembang dan Pojok Laktasi:
  20. Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
    • Manajemen Terpadu Bayi Muda (MTBM)
    • Pemeriksaan pada anak usia di bawah 13 tahun
    • Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita (DDTK)
    • Pelayanan konsultasi tentang : Tumbuh kembang Balita, kesehatan anak
    • Penyediaan tempat untuk ibu menyusui
    • Rujukan rawat jalan ke rumah sakit pada anak usia di bawah 13 tahun
  21. Pelayanan Imunisasi, yang melayani:
  22. Imunisasi dasar pada bayi : BCG, Polio, DPT, Hepatitis B dan Campak
  23. Imunisasi lanjutan pada Baduta, SD dan WUS : DT, Td, MR
  24. Imunisasi haji
  25. Imunisasi calon pengantin wanita : TT
  26. Imunisasi pada ibu hamil : TT
  27. Imunisasi Covid-2019
  28. Surat Keterangan Suntik TT untuk calon pengantin wanita
  29. -3-
  30. Pelayanan Santun Lansia, yang melayani:
    • Pelayanan kesehatan pada pasien usia lanjut (usia ≥ 60 tahun)
    • Konseling kesehatan pada usia lanjut
    • Rujukan rawat jalan ke Rumah sakit pada usia ≥ 60 tahun
  31. Pelayanan TB ( Tuberculosis), yang melayani:
    • Pelayanan pengobatan pada pasien TB positif
    • Pelayanan konseling TB paru
  32. Pelayanan Upaya Kesehatan Kerja
  33. Pelayanan Konsultasi:
    • Pelayanan konsultasi gizi
    • Pelayanan konsultasi promosi kesehatan
    • Pelayanan konsultasi kesehatan lingkungan
    • Pelayanan kesehatan peduli reproduksi remaja
  34. Pelayanan Obat
    • Pelayanan obat sesuai dengan resep
    • Pelayanan konseling pemberian obat
  35. Pelayanan Laboratorium
    • Darah Lengkap
    • Golongan Darah
    • Widal
    • Urin Lengkap
    • Fungsi Ginjal : BUN, Serum Ceatinin, Uric Acid
    • Profil Lipid : Cholesterol, Trigliserida, HDL, LDL
    • Fungsi Hati : SGOT, SGPT, bilirubin total, bilirubin direk
    • Fungsi Pankreas : Gula darah puasa 2 jam, gula darah acak
    • Penyakit Menular : HbsAg, HbsAb, HIV, Tuberkulosis, Covid-2019
  36. Pelayanan Skrining Kesehatan
  37. Pelayanan Surat Keterangan Sehat
  38. Rujukan Rawat Jalan dari Puskesmas ke Rumah Sakit
  39. Pelayanan Kesehatan Calon Jamaah Haji
  40. PELAYANAN GAWAT DARURAT, PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI DASAR , PERSALINAN, RAWAT INAP (24 JAM)
  41. PENUNJANG PELAYANAN: Mobil Pusling, Mobil Jenazah, ECG
  42. -4- V. MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN (MFK)
  43. Manajemen Keselamatan dan Keamanan Fasilitas
  44. Manajemen Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Limbah B3
  45. Manajemen Kedaruratan dan Bencana
  46. Manajemen Pengamanan Kebakaran
  47. Manajemen Peralatan Kesehatan
  48. Manajemen Sistem Utilisasi
  49. V. PUSKESMAS PEMBANTU
  50. VI. PONKESDES

IV. SUMBER DAYA

    Sumber Daya Manusia